C. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
30. GEOGRAFI
SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan hakikat, objek,
ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan
pendekatan geografi.
|
Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar,
aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji
fenomena geosfer.
|
2.
|
Menganalisis sejarah pembentukan
Bumi,
Tatasurya, dan Jagadraya.
|
Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi,
Tatasurya, dan Jagadraya.
|
Mengidentifikasi
planet Tatasurya dan Jagadraya.
|
||
3.
|
Menganalisis dinamika unsur-unsur
geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
Menganalisis fenomena
yang terjadi di lithosfer dan
pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
Menganalisis fenomena
yang terjadi di atmosfer dan
hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
||
Mendeskripsikan keanekaragaman flora
dan fauna
sebagai potensi pendukung kehidupan.
|
||
Mendeskripsikan fenomena kependudukan.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan sumber
daya alam
serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
Mengidentifikasi sumber
daya alam yang
berhubungan dengan aspek geografi.
|
Mengidentifikasi pemanfaatan
sumber daya alam
secara arif.
|
||
5.
|
Mendeskripsikan pemanfaatan
dan
pelestarian lingkungan hidup.
|
Menganalisis pemanfaatan
dan pelestarian
lingkungan hidup.
|
Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan
pembangunan
berkelanjutan.
|
||
6.
|
Menerapkan keterampilan
dasar
peta/pemetaan dalam memahami fenomena
geosfer.
|
Menerapkan keterampilan
dasar pemetaan pada
pembuatan peta.
|
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan
lokasi kegiatan ekonomi penduduk.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan pemanfaatan
citra
penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
|
Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan
pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.
|
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai
media
informasi fenomena geosfer.
|
||
8.
|
Mendeskripsikan wilayah dan
pewilayahan di dunia.
|
Membedakan pola keruangan dan interaksi
desa-
desa, desa-kota, dan kota-kota.
|
Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan
dalam kaitan dengan pembangunan.
|
||
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang
dan negara maju.
|
29. SOSIOLOGI
SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu
sosial.
|
Mendeskripsikan obyek kajian, kegunaan, metode
atau ciri-ciri ilmu sosiologi.
|
Menjelaskan permasalahan
sosial atau pemecahan
masalah
sosial.
|
||
2.
|
Mendeskripsikan nilai, norma, dan
sosialisasi.
|
Mengidentifikasi jenis/fungsi nilai atau norma
sosial.
|
Menjelaskan keteraturan sosial dalam masyarakat.
|
||
Menjelaskan fungsi atau tujuan sosialisasi.
|
||
Mengidentifikasi
berbagai bentuk media
sosialisasi.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan interaksi sosial dan
bentuk-bentuknya.
|
Menjelaskan terjadinya interaksi atau faktor-faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial.
|
Mengidentifikasi
berbagai jenis interaksi sosial.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan penyimpangan dan
pengendalian sosial.
|
Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang.
|
Mengidentifikasi berbagai jenis perilaku
menyimpang.
|
||
Mengindentifikasi pengendalian sosial melalui
berbagai jenis lembaga pengendalian sosial.
|
||
5.
|
Menganalisis struktur sosial, konflik
sosial dan
mobilitas sosial.
|
Menjelaskan struktur sosial dalam
masyarakat.
|
Mengidentifikasi struktur sosial dalam tahap
perkembangan masyarakat.
|
||
Menjelaskan sebab atau akibat konflik sosial.
|
||
Menjelaskan proses sosial dalam penyelesaian
konflik.
|
||
Mengidentifikasi berbagai bentuk, faktor pendorong,
atau faktor penghambat mobilitas sosial.
|
||
Menjelaskan saluran, cara, atau akibat dari
mobilitas
sosial.
|
||
6.
|
Menganalisis kelompok
sosial dalam
masyarakat
multikultural.
|
Menjelaskan pembentukan
kelompok sosial dalam
masyarakat.
|
Mengidentifikasi
ciri atau tipe masyarakat
multikultural.
|
||
Menjelaskan hubungan struktur sosial masyarakat
multikultural dengan proses integrasi sosial.
|
||
Menjelaskan latar belakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan
masyarakat.
|
||
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan
masyarakat
multikultural.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan perubahan sosial
dan dampaknya.
|
Menganalisis faktor pendorong atau penghambat
perubahan sosial.
|
Mengidentifikasi
jenis atau bentuk perubahan
sosial.
|
||
Menjelaskan dampak
positif atau dampak negatif
perubahan sosial.
|
||
Mengidentifikasi sebab perubahan sosial atau bentuk
perubahan sosial.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
8.
|
Menjelaskan lembaga
sosial.
|
Menjelaskan hakikat, ciri-ciri, atau fungsi lembaga
sosial dalam masyarakat.
|
9.
|
Mendeskripsikan penelitian sosial.
|
Mengidentifikasi jenis-jenis
penelitian.
|
Mendeskripsikan rancangan penelitian atau
melakukan
penelitian sosial.
|
||
Mendeskripsikan hasil penelitian sosial.
|
28. EKONOMI
SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami permasalahan ekonomi
dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya
dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen, permintaan,
penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
|
Mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan,
atau masalah
pokok ekonomi.
|
Mendeskripsikan biaya peluang (hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
|
||
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen
dalam
mencapai
kepuasan maksimal dan pola perilaku produsen dalam mencapai laba/output maksimal, atau peran konsumen dan produsen
|
||
Mendeskripsikan pelaku ekonomi atau interaksinya
dalam suatu perekonomian (circular flow
diagram)
|
||
Mendeskripsikan permintaan
dan penawaran atau
harga dan jumlah keseimbangan dengan tabel, grafik,
atau perhitungan matematika.
|
||
Mendeskripsikan pasar barang (pasar output) atau
pasar faktor produksi (pasar input).
|
||
2.
|
Memahami kebijakan
pemerintah
dalam bidang ekonomi, Produk Domestik
Bruto (PDB), Produk Domestik
Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional (PN),
inflasi, konsumsi, investasi, uang
dan perbankan.
|
Mendeskripsikan ekonomi mikro dan
ekonomi makro
atau masalah
yang dihadapi pemerintah di bidang
ekonomi.
|
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku,
PDB harga konstan, pendapatan nasional, atau
pendapatan perkapita
|
||
Mendeskripsikan indeks harga atau inflasi
berdasarkan data atau grafik
|
||
Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi
tabungan atau investasi berdasarkan data, atau
grafik
|
||
Mendeskripsikan konsep dan teori uang, perbankan,
atau kebijakan pemerintah di bidang moneter.
|
||
3.
|
Memahami kondisi
ketenagakerjaan
dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi,
APBN dan APBD, perekonomian
terbuka, serta mengenal pasar modal..
|
Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan
ekonomi dan
pertumbuhan ekonomi, pengangguran atau dampaknya berdasarkan data atau grafik
|
Mendeskripsikan APBN dan APBD, kebijakan
pemerintah di bidang fiskal, sumber-sumber
penerimaan atau pengeluaran pemerintah.
|
||
Mendeskripsikan bursa efek atau mekanisme kerja
bursa efek
|
||
Mendeskripsikan perdagangan internasional valuta
asing, neraca pembayaran atau devisa
|
||
4.
|
Memahami penyusunan siklus
akuntansi perusahaan jasa.
|
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi,
persamaan akuntansi atau
mencatat mekanisme debit dan kredit.
|
Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum atau buku
besar berdasarkan transaksi/dokumen.
|
||
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas
kerja
perusahaan jasa.
|
||
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
5.
|
Memahami penyusunan siklus
akuntansi perusahaan dagang dan penutupan siklus
akuntansi perusahaan dagang.
|
Mencatat jurnal khusus, buku besar utama, atau buku
besar pembantu
perusahaan dagang.
|
Menghitung harga pokok penjualan berdasarkan data
|
||
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas
kerja
perusahaan dagang.
|
||
Mendeskripsikan laporan keuangan serta
perhitungannya
|
||
Mencatat jurnal penutup, posting ke jurnal
penutup ke buku besar atau neraca saldo setelah penutupan
|
||
6.
|
Memahami manajemen, badan usaha
dalam perekonomian nasional,
pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan.
|
Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha.
|
Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi,
koperasi sekolah atau menghitung pembagian
sisa hasil usaha berdasarkan data.
|
||
Mendeskripsikan kewirausahaan.
|
26. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan struktur atom, sistim
periodik unsur dan ikatan kimia
untuk menentukan struktur molekul,
sifat- sifat unsur dan senyawa.
|
Menganalisis notasi unsur dan kaitannya dengan
struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia, rumus molekul,
bentuk molekul dan sifat senyawa
yang dapat dihasilkannya, serta
letak unsur dalam tabel periodik.
|
Menganalisis jenis ikatan kimia atau gaya antar
molekul dan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menerapkan hukum-hukum dasar
kimia
untuk memecahkan masalah
dalam perhitungan kimia.
|
Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan
dengan hukum
dasar kimia.
|
Menganalisis persamaan
reaksi kimia anorganik dan
organik sederhana.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan,
metode
pengukuran dan terapannya.
|
Mendeskripsikan daya hantar listrik.
|
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
|
||
Mendeskripsikan titrasi asam basa.
|
||
Menganalisis sifat larutan penyangga.
|
||
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
|
||
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif
larutan.
|
||
Mendeskripsikan sistem
dan sifat koloid serta
penerapannya.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan senyawa organik,
gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan
turunannya, dan makromolekul.
|
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk
identifikasi, reaksi
dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta
kegunaannya.
|
||
Mendeskripsikan makromolekul
termasuk
identifikasi dan kegunaannya.
|
||
5.
|
Mendeskripsikan perubahan energi,
cara pengukuran dan penerapannya.
|
Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada
termokimia.
|
Menentukan kalor reaksi.
|
||
6.
|
Mendeskripsikan kinetika reaksi,
kesetimbangan kimia, dan faktor-
faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
|
Menentukan laju
reaksi.
|
Mendeskripsikan
faktor-faktor yang dapat
memengaruhi kinetika reaksi dan kesetimbangan kimia.
|
||
Menentukan Kc/Kp.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan reaksi
oksidasi-
reduksi dan elektrokimia serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.
|
Mendeskripsikan diagram sel.
|
||
Mengaplikasikan hukum faraday.
|
||
Mendeskripsikan fenomena korosi.
|
||
8.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting,
terdapatnya di alam,
pembuatan dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di
alam termasuk unsur radioaktif.
|
Mendeskripsikan cara memperoleh
unsur dan kegunaannya.
|
23. MATEMATIKA
SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami pernyataan dan
ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta mampu
menggunakan prinsip matematika dalam pemecahan
masalah yang berkaitan dengan
penarikan kesimpulan.
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari suatu
pernyataan majemuk
atau pernyataan berkuantor.
|
Menentukan kesimpulan
dari beberapa premis.
|
||
2.
|
Memahami konsep
yang berkaitan
dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi
kuadrat dan grafiknya, persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers
fungsi, sistem persamaan linear, program linear, matriks,
barisan dan deret,
serta mampu
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan grafik
fungsi kuadrat.
|
||
Menentukan komposisi
dua fungsi dan invers suatu
fungsi.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
|
||
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan
linear dua variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua
variabel.
|
||
Menentukan nilai optimum bentuk objektif dari
daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
|
||
Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan
dengan program
linear.
|
||
Menyelesaikan masalah
matriks yang berkaitan
dengan kesamaan,
determinan, dan atau invers matriks.
|
||
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama
deret aritmetika
atau geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan
dengan barisan dan deret aritmetika.
|
||
3.
|
Memahami limit
fungsi aljabar,
turunan fungsi, nilai ekstrim, integral tak tentu dan integral tentu
fungsi aljabar, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
|
Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya.
|
||
Menentukan integral fungsi aljabar.
|
||
Menentukan luas daerah dengan menggunakan
integral.
|
||
4.
|
Mengolah, menyajikan,
dan
menafsirkan data dan memahami
kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi
dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan
dengan kaidah
pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran
atau batang.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data
dalam
bentuk tabel atau diagram.
|
Menentukan nilai ukuran penyebaran.
|
22. MATEMATIKA
SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami pernyataan dalam
matematika
dan ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk
dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa
premis.
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan
majemuk
atau pernyataan berkuantor.
|
||
2.
|
Menyelesaikan masalah
yang
berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi
kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, sistem persamaan linear, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan
lingkaran dan persamaan garis
singgungnya, suku banyak, algoritma
sisa dan teorema pembagian,
program linear, matriks dan determinan,
vektor, transformasi geometri
dan komposisinya, barisan dan
deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.
|
Menggunakan rumus
jumlah dan hasil kali akar-akar
persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan masalah
persamaan atau fungsi
kuadrat dengan menggunakan
diskriminan.
|
||
Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear.
|
||
Menentukan persamaan
lingkaran atau garis singgung
lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
teorema sisa atau teorema faktor.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
|
||
Menyelesaikan masalah
program linear.
|
||
Menyelesaikan operasi matriks.
|
||
Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor
dengan syarat tertentu.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan besar
sudut atau nilai perbandingan trigonometri
sudut antara dua vektor.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
|
||
Menentukan bayangan titik atau kurva karena dua
transformasi atau lebih.
|
||
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen
atau logaritma.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
|
||
Menyelesaikan
masalah deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah
deret geometri.
|
||
3.
|
Memahami sifat
atau geometri dalam
menentukan
kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.
|
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik,
garis dan bidang) di ruang.
|
4.
|
Memahami konsep
perbandingan
fungsi, persamaan,
dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi
|
Menyelesaikan masalah
geometri dengan
menggunakan aturan sinus atau kosinus.
|
Menyelesaikan persamaan
trigonometri.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
aljabar untuk menyusun
bukti serta
mampu
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan nilai
perbandingan trigonometri
yang menggunakan rumus jumlah
dan selisih sinus, kosinus dan
tangen serta jumlah dan selisih dua sudut.
|
5.
|
Memahami konsep
limit, turunan dan
integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar
dan fungsi
trigonometri.
|
Menyelesaikan soal aplikasi
turunan fungsi.
|
||
Menentukan integral tak tentu dan integral tentu
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
|
||
Menghitung luas daerah dan volume benda putar
dengan menggunakan
integral.
|
||
6.
|
Mengolah, menyajikan
dan
menafsirkan data, mampu
memahami
kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi
dan peluang kajadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung ukuran pemusatan dari data dalam
bentuk tabel, diagram atau grafik.
|
Menyelesaikan masalah
sehari-hari dengan
menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
|
27. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat
biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
|
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur.
|
Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
|
||
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman
hayati tertentu.
|
||
Mengidentifikasi invertebrata
berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara
komponen ekosistem, perubahan materi
dan energi serta peran manusia
dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
serta mengaitkannya
dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/
proses yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel
tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai
fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi
sistem organ manusia
serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi
pada manusia.
|
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada
manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
pencernaan makanan pada
manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
pernapasan pada manusia/
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi pada manusia/
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem
indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem
reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan
melalui hasil percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
7.
|
Mendeskripsikan proses
metabolisme
pada rantai
karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses
metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada
tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi
anaerob).
|
||
8.
|
Memahami konsep
dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas
dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau
kromosom.
|
Menjabarkan proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan dengan hukum
Mendel.
|
||
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan
semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun
pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme
evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
peranan bioteknologi pada saling temas.
|
Menjelaskan peran bioteknologi.
|
Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/
modern.
|
||
Menjelaskan dampak
bioteknologi bagi masyarakat
dan lingkungan.
|
25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsip
mengukuran
besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
|
Membaca hasil pengukuran suatu
alat ukur dan
menentukan
hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
|
Menentukan besar dan arah vektor serta
menjumlah/mengurangkan
besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
|
||
2.
|
Memahami gejala
alam dan
keteraturannya dalam
cakupan mekanika benda
titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls,
momentum dan masalah Fluida.
|
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak
melingkar
beraturan, atau gerak parabola
|
Menentukan berbagai besaran dalam hukum
Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi
(torsi, momentum sudut,
momen inersia, atau titik berat)
dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
|
||
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan
energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
|
||
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas
bahan atau menentukan
besaran-besaran terkait pada konsep
elastisitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan hukum
kekekalan energi mekanik.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan tumbukan, impuls atau hukum
kekekalan
momentum.
|
||
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan
dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami konsep
kalor dan prinsip
konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan
perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam
penerapannya mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,
perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan persamaan
umum gas ideal pada
berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
|
||
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan
proses termodinamika pada mesin kalor.
|
||
4.
|
Menganalisis konsep
dan prinsip
gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai
penyelesaian masalah dan produk
teknologi.
|
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada
gelombang.
|
Menjelaskan berbagai jenis gelombang
elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan pengamatan
pada mikroskop atau teropong.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa
interferensi dan
difraksi.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan
dengan peristiwa efek Doppler.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi
pada berbagai kondisi yang berbeda.
|
5.
|
Memahami konsep
dan prinsip
kelistrikan dan kemagnetan
dan penerapannya dalam berbagai
penyelesaian masalah.
|
Menentukan besaran-besaran
fisis yang
mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau
energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas
keping sejajar.
|
||
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu
rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
||
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat
berarus listrik.
|
||
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada
kawat berarus
listrik atau muatan listrik yang
bergerak dalam medan magnet homogen.
|
||
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
GGL
induksi atau prinsip kerja transformator.
|
||
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian
arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
|
||
6.
|
Memahami konsep
dan prinsip
kuantum, relativitas, fisika inti dan
radioaktivitas dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan berbagai teori atom.
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan
peristiwa efek
foto listrik/efek Compton.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan
teori relativitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan
zat radioaktif dalam
berbagai aspek kehidupan.
|
16. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna
dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional,
secara formal, maupun informal,
dalam bentuk teks fungsional
pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi rinci dari sebuah percakapan interpersonal/
transaksional secara formal atau informal.
|
Menentukan respon yang tepat terhadap percakapan
transaksional/interpersonal secara
formal atau informal.
|
||
Menentukan gambar
yang tepat sesuai dengan
informasi yang ada di dalam percakapan interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
|
||
Menentukan gambar
yang sesuai dengan teks
monolog yang diperdengarkan.
|
||
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi
tersirat atau informasi
rinci dari sebuah teks monolog
yang diperdengarkan.
|
||
2.
|
READING (Membaca)
Memahami makna
dalam wacana tertulis secara formal maupun
informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative,
procedure,
descriptive, news
item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation,
discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi
rinci/ informasi tersirat
atau makna kata/frasa/kalimat
dari teks tertulis fungsional
pendek berbentuk message.
|
Menentukan gambaran
umum/informasi
rinci/informasi tersirat/informasi tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraf/rujukan kata/tujuan komunikatif
dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
|
||
Menentukan informasi
tertentu/gambaran umum/
informasi
rinci/informasi tersirat/rujukan
kata atau makna kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk
advertisement/brochure.
|
||
Menentukan informasi tertentu/informasi
rinci/
pikiran utama
paragraf/pesan moral/gambaran umum/ informasi tersirat/rujukan kata atau
makna kata/frasa/kalimat
dari teks tertulis berbentuk narrative.
|
||
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
rujukan kata/informasi rinci/informasi tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat
atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk news item.
|
||
Menentukan informasi tertentu/pikiran utama
paragraf atau makna
kata/frasa/kalimat atau informasi rinci/gambaran umum/tujuan
komunikatif/informasi tersirat/
rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu atau
makna
kata/frasa/kalimat
atau rujukan kata/informasi tersirat/ informasi
rinci dari teks fungsional pendek berbentuk announcement.
|
Menentukan gambaran
umum/tujuan komunikatif/
informasi
tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/informasi rinci dari teks tertulis berbentuk report.
|
||
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi
rinci/ rujukan kata/informasi
tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/ pikiran utama
paragraf dari teks tertulis
berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi
tersirat/ informasi
rinci/ tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau
rujukan kata/ pikiran utama
paragraf dari teks tertulis
berbentuk explanation.
|
||
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi
tersirat/ informasi rinci/pikiran utama
paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk exposition.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf/ informasi tersirat/informasi tertentu/tujuan
komunikatif/informasi
rinci atau makna kata/frasa/kalimat
atau rujukan kata dari teks
tertulis berbentuk discussion.
|
||
Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/
informasi
tersirat/informasi rinci/tujuan komunikatif
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk review.
|
||
3
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana
interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive,
news item, report,
analytical exposition, hortatory exposition,
discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyusun beberapa
kalimat secara acak menjadi
sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/
descriptive.
|
Melengkapi 3 rumpang
pada teks pendek berbentuk
narrative/ procedure/recount/descriptive/report
dengan kosa kata/frasa yang sesuai.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar