Welcome to my site

Blog pendidikan yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh beragam informasi mengenai pendidikan

Rabu, 28 Desember 2011

UJIAN NASIONAL 2011/2012


C. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA


30.  GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan hakikat, objek,
ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.
Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar,
aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.
2.
Menganalisis sejarah pembentukan
Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.
Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi,
Tatasurya, dan Jagadraya.
Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.
3.
Menganalisis dinamika unsur-unsur
geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan
pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan
hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna
sebagai potensi pendukung kehidupan.
Mendeskripsikan fenomena kependudukan.
4.
Mendeskripsikan sumber daya alam
serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Mengidentifikasi sumber daya alam yang
berhubungan dengan aspek geografi.
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam
secara arif.
5.
Mendeskripsikan pemanfaatan dan
pelestarian lingkungan hidup.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian
lingkungan hidup.
Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan
pembangunan berkelanjutan.
6.
Menerapkan keterampilan dasar
peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.
Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada
pembuatan peta.
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan
lokasi kegiatan ekonomi penduduk.
7.
Mendeskripsikan pemanfaatan citra
penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan
pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai
media informasi fenomena geosfer.
8.
Mendeskripsikan wilayah dan
pewilayahan di dunia.
Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-
desa, desa-kota, dan kota-kota.
Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan
dalam kaitan dengan pembangunan.
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang
dan negara maju.




29.  SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu
sosial.
Mendeskripsikan obyek kajian, kegunaan, metode
atau ciri-ciri ilmu sosiologi.
Menjelaskan permasalahan sosial atau pemecahan
masalah sosial.
2.
Mendeskripsikan nilai, norma, dan
sosialisasi.
Mengidentifikasi jenis/fungsi nilai atau norma sosial.
Menjelaskan keteraturan sosial dalam masyarakat.
Menjelaskan fungsi atau tujuan sosialisasi.
Mengidentifikasi berbagai bentuk media sosialisasi.
3.
Mendeskripsikan interaksi sosial dan
bentuk-bentuknya.
Menjelaskan terjadinya interaksi atau faktor-faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial.
Mengidentifikasi berbagai jenis interaksi sosial.
4.
Mendeskripsikan penyimpangan dan
pengendalian sosial.
Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang.
Mengidentifikasi berbagai jenis perilaku
menyimpang.
Mengindentifikasi pengendalian sosial melalui
berbagai jenis lembaga pengendalian sosial.
5.
Menganalisis struktur sosial, konflik
sosial dan mobilitas sosial.
Menjelaskan struktur sosial dalam masyarakat.
Mengidentifikasi struktur sosial dalam tahap
perkembangan masyarakat.
Menjelaskan sebab atau akibat konflik sosial.
Menjelaskan proses sosial dalam penyelesaian
konflik.
Mengidentifikasi berbagai bentuk, faktor pendorong,
atau faktor penghambat mobilitas sosial.
Menjelaskan saluran, cara, atau akibat dari mobilitas
sosial.
6.
Menganalisis kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural.
Menjelaskan pembentukan kelompok sosial dalam
masyarakat.
Mengidentifikasi ciri atau tipe masyarakat
multikultural.
Menjelaskan hubungan struktur sosial masyarakat
multikultural dengan proses integrasi sosial.
Menjelaskan latar belakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan
masyarakat.
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan
masyarakat multikultural.
7.
Mendeskripsikan perubahan sosial
dan dampaknya.
Menganalisis faktor pendorong atau penghambat
perubahan sosial.
Mengidentifikasi jenis atau bentuk perubahan sosial.
Menjelaskan dampak positif atau dampak negatif
perubahan sosial.
Mengidentifikasi sebab perubahan sosial atau bentuk
perubahan sosial.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
8.
Menjelaskan lembaga sosial.
Menjelaskan hakikat, ciri-ciri, atau fungsi lembaga
sosial dalam masyarakat.
9.
Mendeskripsikan penelitian sosial.
Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian.
Mendeskripsikan rancangan penelitian atau
melakukan penelitian sosial.
Mendeskripsikan hasil penelitian sosial.



28.  EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami permasalahan ekonomi
dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen,  permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan,
atau masalah pokok ekonomi.
Mendeskripsikan biaya peluang (hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen  dalam
mencapai kepuasan maksimal dan pola perilaku produsen dalam mencapai laba/output maksimal, atau peran konsumen dan produsen
Mendeskripsikan pelaku ekonomi atau interaksinya
dalam suatu perekonomian (circular flow diagram)
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran atau
harga dan jumlah keseimbangan dengan tabel, grafik, atau perhitungan matematika.
Mendeskripsikan pasar barang (pasar output) atau
pasar faktor produksi (pasar input).
2.
Memahami kebijakan pemerintah
dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan perbankan.
Mendeskripsikan ekonomi mikro dan ekonomi makro
atau masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku,
PDB harga konstan, pendapatan nasional, atau pendapatan perkapita
Mendeskripsikan indeks harga atau inflasi
berdasarkan data atau grafik
Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi
tabungan atau investasi berdasarkan data, atau grafik
Mendeskripsikan konsep dan teori uang, perbankan,
atau kebijakan pemerintah di bidang moneter.
3.
Memahami kondisi ketenagakerjaan
dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal..
Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan
ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, pengangguran atau dampaknya berdasarkan data atau grafik
Mendeskripsikan APBN dan APBD, kebijakan
pemerintah di bidang fiskal, sumber-sumber penerimaan atau pengeluaran pemerintah.
Mendeskripsikan bursa efek atau mekanisme kerja
bursa efek
Mendeskripsikan perdagangan internasional valuta
asing, neraca pembayaran atau devisa
4.
Memahami penyusunan siklus
akuntansi perusahaan jasa.
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi,
persamaan akuntansi atau mencatat mekanisme debit dan kredit.
Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum atau buku
besar berdasarkan transaksi/dokumen.
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja
perusahaan jasa.
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
5.
Memahami penyusunan siklus
akuntansi perusahaan dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.
Mencatat jurnal khusus, buku besar utama, atau buku
besar pembantu perusahaan dagang.
Menghitung harga pokok penjualan berdasarkan data
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja
perusahaan dagang.
Mendeskripsikan laporan keuangan serta
perhitungannya
Mencatat jurnal penutup, posting ke jurnal penutup ke buku besar atau neraca saldo setelah penutupan
6.
Memahami manajemen, badan usaha
dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan.
Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha.
Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi,
koperasi sekolah atau menghitung pembagian sisa hasil usaha berdasarkan data.
Mendeskripsikan kewirausahaan.



26.  KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan struktur atom, sistim
periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan struktur molekul, sifat- sifat unsur dan senyawa.
Menganalisis notasi unsur dan kaitannya dengan
struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsur dalam tabel periodik.
Menganalisis jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul dan sifat-sifatnya.
2.
Menerapkan hukum-hukum dasar
kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.
Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan
dengan hukum dasar kimia.
Menganalisis persamaan reaksi kimia anorganik dan
organik sederhana.
3.
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan,
metode pengukuran dan terapannya.
Mendeskripsikan daya hantar listrik.
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
Mendeskripsikan titrasi asam basa.
Menganalisis sifat larutan penyangga.
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta
penerapannya.
4.
Mendeskripsikan senyawa organik,
gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan turunannya, dan makromolekul.
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk
identifikasi, reaksi  dan kegunaannya.
Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta
kegunaannya.
Mendeskripsikan makromolekul termasuk
identifikasi dan kegunaannya.
5.
Mendeskripsikan perubahan energi,
cara pengukuran dan penerapannya.
Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada
termokimia.
Menentukan kalor reaksi.
6.
Mendeskripsikan kinetika reaksi,
kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Menentukan laju reaksi.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat
memengaruhi kinetika reaksi dan kesetimbangan kimia.
Menentukan Kc/Kp.
7.
Mendeskripsikan reaksi oksidasi-
reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.
Mendeskripsikan diagram sel.
Mengaplikasikan hukum faraday.
Mendeskripsikan fenomena korosi.
8.
Mendeskripsikan unsur-unsur penting,
terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya.
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di
alam termasuk unsur radioaktif.
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya.



23. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami pernyataan dan
ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta mampu menggunakan prinsip matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari suatu
pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
2.
Memahami konsep yang berkaitan
dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret,
serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan grafik
fungsi kuadrat.
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu
fungsi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat.
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan
linear dua variabel.
Menyelesaikan masalah sehari-hari  yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Menentukan nilai optimum bentuk objektif dari
daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan program linear.
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan
dengan kesamaan, determinan, dan atau invers matriks.
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama
deret aritmetika atau geometri.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan barisan dan deret aritmetika.
3.
Memahami limit fungsi aljabar,
turunan fungsi, nilai ekstrim, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya.
Menentukan integral fungsi aljabar.
Menentukan luas daerah dengan menggunakan
integral.
4.
Mengolah, menyajikan, dan
menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian.
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran
atau batang.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR


Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam
bentuk tabel atau diagram.
Menentukan nilai ukuran penyebaran.



22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami pernyataan dalam
matematika dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa
premis.
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan
majemuk atau pernyataan berkuantor.
2.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, sistem persamaan linear, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma sisa dan teorema pembagian, program linear, matriks dan determinan,
vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar
persamaan kuadrat.
Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi
kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear.
Menentukan persamaan lingkaran atau garis singgung
lingkaran.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema sisa atau teorema faktor.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
Menyelesaikan masalah program linear.
Menyelesaikan operasi matriks.
Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor
dengan syarat tertentu.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan besar
sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut antara dua vektor.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
Menentukan bayangan titik atau kurva karena dua
transformasi atau lebih.
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen
atau logaritma.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
Menyelesaikan masalah deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah deret geometri.
3.
Memahami sifat atau geometri dalam
menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik,
garis dan bidang) di ruang.
4.
Memahami konsep perbandingan
fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi
Menyelesaikan masalah geometri dengan
menggunakan aturan sinus atau kosinus.
Menyelesaikan persamaan trigonometri.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR

aljabar untuk menyusun bukti serta
mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai
perbandingan trigonometri yang menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta jumlah dan selisih dua sudut.
5.
Memahami konsep limit, turunan dan
integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri.
Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi.
Menentukan integral tak tentu dan integral tentu
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
Menghitung luas daerah dan volume benda putar
dengan menggunakan integral.
6.
Mengolah, menyajikan dan
menafsirkan data, mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menghitung ukuran pemusatan dari data dalam
bentuk tabel, diagram atau grafik.
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan
menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.



27.  BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
2.
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur.
Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman hayati tertentu.
Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-
cirinya.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
invertebrata.
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
hewan/tumbuhan.
3.
Menganalisis hubungan antara
komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
4.
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/
proses yang terjadi pada sel.
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel
tumbuhan/hewan.
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai
fungsinya.
5.
Menjelaskan struktur dan fungsi
sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi
pada manusia.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia/gangguannya.
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada
manusia/gangguannya.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/
gangguannya.
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/
gangguannya.
Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
Menjelaskan sistem indera pada manusia.
Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
6.
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/ pengamatan.
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
7.
Mendeskripsikan proses metabolisme
pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.
Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses
metabolisme tubuh.
Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada
tumbuhan.
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
8.
Memahami konsep dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau
kromosom.
Menjabarkan proses sintesis protein.
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis.
Menginterpretasikan persilangan dengan hukum
Mendel.
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan
semu hukum Mendel.
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun
pada manusia.
Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
9.
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme
evolusi.
10.
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
peranan bioteknologi pada saling temas.
Menjelaskan peran bioteknologi.
Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/
modern.
Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat
dan lingkungan.



25.  FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami prinsip-prinsip
mengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan
menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
Menentukan besar dan arah vektor serta
menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
2.
Memahami gejala alam dan
keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak
melingkar beraturan, atau gerak parabola
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi
(torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan
energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas
bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan
momentum.
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan
dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Memahami konsep kalor dan prinsip
konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,
perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada
berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan
proses termodinamika pada mesin kalor.
4.
Menganalisis konsep dan prinsip
gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada
gelombang.
Menjelaskan berbagai jenis gelombang
elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa
interferensi dan difraksi.
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan
dengan peristiwa efek Doppler.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR


Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi
pada berbagai kondisi yang berbeda.
5.
Memahami konsep dan prinsip
kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
Menentukan besaran-besaran fisis yang
mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau
energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar.
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu
rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat
berarus listrik.
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada
kawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL
induksi atau prinsip kerja transformator.
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian
arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
6.
Memahami konsep dan prinsip
kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan berbagai teori atom.
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan
peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan
teori relativitas.
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalam
berbagai aspek kehidupan.



16. BAHASA INGGRIS  SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal, maupun informal, dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi rinci dari sebuah percakapan interpersonal/
transaksional secara formal atau informal.
Menentukan respon yang tepat terhadap percakapan
transaksional/interpersonal secara formal atau informal.
Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan
informasi yang ada di dalam percakapan interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks
monolog yang diperdengarkan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi tersirat atau informasi rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan.
2.
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun
informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative,
procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi rinci/ informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk message.
Menentukan gambaran umum/informasi
rinci/informasi tersirat/informasi tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraf/rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
Menentukan informasi tertentu/gambaran umum/
informasi rinci/informasi tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure.
Menentukan informasi tertentu/informasi rinci/
pikiran utama paragraf/pesan moral/gambaran umum/ informasi tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat dari teks tertulis berbentuk narrative.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
rujukan kata/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk news item.
Menentukan informasi tertentu/pikiran utama
paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau informasi rinci/gambaran umum/tujuan komunikatif/informasi tersirat/ rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR


Menentukan gambaran umum/informasi tertentu atau
makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/informasi tersirat/ informasi rinci dari teks fungsional pendek berbentuk announcement.
Menentukan gambaran umum/tujuan komunikatif/
informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/informasi rinci dari teks tertulis berbentuk report.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi rinci/ rujukan kata/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/ pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi tersirat/ informasi rinci/ tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau  rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi tersirat/ informasi rinci/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk exposition.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/ informasi tersirat/informasi tertentu/tujuan
komunikatif/informasi rinci atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk discussion.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
informasi tersirat/informasi rinci/tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk review.
3
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyusun beberapa kalimat secara acak menjadi
sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/
descriptive.
Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek berbentuk
narrative/ procedure/recount/descriptive/report
dengan kosa kata/frasa yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar